Perubahan Sosial ver.1

Teori LSM(Lembaga Swadaya Masyarakat)

Pengertian LSM Menurut Mendagri (1990) adalah

”Organisasi/Lembaga yang dibentuk oleh anggota masyarakat WNI secara sukarela atas kehendak sendiri dan berniat serta bergerak di bidang tertentu yang ditetapkan oleh organisasi/lembaga sebagai wujud partisipasi masyarakat dalam upaya peningkatan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat, yang menitikberatkan pada pengabdian sesacara swadaya“

Dari pengertian tersebut dapat saya jabarkan tentang perbedaan LSM dibandingkan dengan organisasi-organisasi lain diantaranya keanggotaannya sukarela dan dibentuk oleh masyarakat atas dasar untuk kesejahteraan masyarakat bukan mencari keuntungan. Selain itu hal yang paling mencolok yang membedakan LSM dengan oraganisasi yang lain yaitu pada saat pembentukannya tidak merunut pada pemerintah oleh karena itu sebelum ditemukan nama LSM, oraganisasai seperti ini disebut organisasi non pemerintah yang merupakan terjemahan dari Non Government Organization(NGO). Tetapi munkin dirasakan akan menimbulkan konotasi yang negatif yaitu seakan-akan organisasi anti pemerintah maka pada tahun 1978 istilah LSM pertama kali diusulkan oleh Prof. Sayogyo dalam suatu seminar di Ungaran Jawa Tengah.

LSM dibentuk dengan latar belakang tertentu yang memiliki tujuan tertentu sehingga LSM mempunyai spektrum yang sangat luas bidangnya yaitu ada LSM yang bergerak di dalam bidang sosial kemasyarakatan, bidang pendidikan, ekonomi, lingkungan Gambar: suasana pertemuan antara masyarakat dan LSM untuk memecahkan masalah sosial

Sumber: http://paktafoundation.org/wp-content/uploads/2008/08/frm1.jpg

hidup, kesehatan dan lain-lain. Karena semua aspek dalam urusan kenegaaran tidak bisa diselesaikan secara langsung dan menyeluruh oleh pemerintah maka kehadiran LSM ini sangat berguna sekali. Salah satu contoh saja pada saat terjadi bencana tsunamai di Aceh, lembaga yang pertamakali selain pemerintah daerah setempat yang bertugas membantu korban bencana alam diantaranya adalah LSM. Mereka membantu dalam hal penyediaan fasilitas kesehatan, bantuan makanan, pengungsian sementara dan lain-lain. Tetapi sekali lagi kinerja mereka bersifat sukarela dan tidak ada hubungan langsung dengan kebijakan pemerintah tapi antara LSM dan pemerintah dapat saling bekerjasama untuk kesejahteraan masyarakat.

Tidak semua orang yang bekerja pada LSM sepenuhnya sukarela dan tidak dibayar sepeserpun. Dalam LSM itu ada yang dinamakan staff yaitu relawan yang mengurus seluruh administrasi di dalam LSM atau kalau menurut istilah pak Nanang itu disebut ”kuncennya atau penunggunya”. Staff ini bekerja menurut keahliannya yaitu mengurus seluruh administrasi dan seluruh urusan rumah tangga LSM,baik masalah eksternal maupun internal. Dalam melakukan seluruh fungsinya LSM memerlukan pendanaan, dana itu sebagian besar berasal dari anggota, penjualan barang atau jasa, bantuan dari institusi internasional, lembaga pemerintah atau sumbangan dari perorangan.

One thought on “Perubahan Sosial ver.1

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s