Mengoptimalkan Tiga Potensi Manusia (Konsepsi Manusia)

 

Pembicara dalam mata kuliah Kimia dan Masyarakat tanggal  26 Februari 2009 adala h Bapak Eri Taufiq Abdulkarim. Beliau adalah direktur Kalifa Syari’a Consultant. Berikut adalah resume yang berasal dari kuliahnya yang berjudul Human Chage and Attitute.

Konsepsi manusia

Manusia adalah makhluk  ciptaan  tuhan yang paling sempurna dibandingkan binatang, tumbuhan dan bahkan malaikat sekalipun. Ada sesuatu hal yang membuat manusia itu sangat istimewa dibandingkan yang lainnya disamping kesempurnaaan lahiriahnya yaitu berupa akal dan nafsu. Akal tidak sama dengan otak tetapi akal adalah keistimewaan yang diberikan tuhan untuk membedakan mana yang baik dan yang benar sedangkan otak adalah organ secara fisik untuk berpikir dan media untuk menggunakan akal. Sedangkan nafsu adalah sebuah keinginan atau dorongan  atau  larangan sebagai manifestasi dari kemampuan akal terhadap sesuatu hal.

Bedanya manusia dengan binatang terletak pada akal. Binatang mempunyai nafsu tetapi tidak mempunyai akal, sehingga akan berbuat sesuatu sesuai dengan kehendaknya tanpa memperdulikan lingkungannya. Jadi kalau manusia berbuat sesuatu sesuai dengan nafsunya dan tidak menggunakan akal dalam mempertimabnagkan segala keputusannya maka manusia itu tak jauh berbeda dari binatang  sehinga Manusia itu sama  dengan binatang , karena defnisi yang membedakan manuasia binatang adalah kemampuan manuasia yang dapat mengguanakan akalnya.

Karena perbedaan itulah maka tujuan manuasaia diciptakan Tuhanadalah  sebagai pemimpin bumi(Khalifah fil ardhi)  beserta isinya  termasuk hewan dan tumbuhan dan suber daya yang terkandung di dalammnya. Tugas manusia  adalah untuk menjaga, memelihara agar di Bumi ini tidak terjadi kekacauan(distorsi) terhadap makhluk yang tidak mempunyai akal. Tapi sekarang ini peran manusia ini malah seperti hewan, bertindak mengikuti kehendak hawa nafsunya dan tidak menggunakan akalnya sehingga manusia malah jadi seorang pembuat kerusaakan di Bumi bukan sebagi seorang pelindung lagi. Ulah manusia ini menyebabkan kerusakan shingga sering terjadi bencana diantaranya banjir, tanah longsor dan ancaman yang sekarang mengancam umat manusia adalah pemanasan global yang diakibatkan kadar CO2 yang melebihi batas normal. Semua itu adalah ulah manusia yang tidak mengguanakan akalnya dengan baik.

Peran manusia yang seharusnya menjaga dan merawat sekarrng ini menjadi seorang pagar makan tanaman yaitu perusak. Oleh karena itu kerusakan yang ada di bumi ini adalah akibat ulah manusia Dalam al-Qur’an dijelaskan bahwa  manusia memang memiliki kecenderungan untuk melanggar perintah Allah, padahal Allah telah menjanjikannya kedudukan yang  tinggi. Allah berfirman: “Dan kalau Kami menghendaki sesungguhnya Kami tinggikan (derajat)nya dengan ayat-ayat itu, tetapi diacenderung kepada dunia dan menurutkan hawa nafsunya yang rendah………….” (al-A’raaf, ayat 176). Dari ayat ini dapat dilihat bahwa sejak awal Allah menghendaki manusia untuk menjadi hamba-Nya yang paling baik, tetapi karena sifat dasar alamiahnya, manusia mengabaikan itu. Ini memperlihatkan bahwa pada diri manusia itu terdapat potensi-potensi baik, namun karena potensi itu tidak didaya gunakan maka manusia terjerebab dalam lembah kenistaan, bahkan terkadang jatuh pada tingkatan di bawah hewan.Satu hal yang tergambar dari uraian di atas adalah untuk mewujudkan potensi-potensi itu, manusia harus benar-benar menjalankan perintah dan menjauhi larangan-Nya. Dan tentu manusia mampu untuk menjalani ini. Sesuai dengan firman-Nya: “Allah tidak akan membebani seseorang melainkan dengan kesanggupannya. Ia mendapat pahala (dari kebajikannya) dan ia mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya…….” (al-Baqarah ayat 286). Jelas sekali bahwa Allah tidak akan membebani hamba-Nya dengan kadar yang tak dapat dilaksanakan oleh mereka. [1]

 

One thought on “Mengoptimalkan Tiga Potensi Manusia (Konsepsi Manusia)

  1. Pingback: Makalah Ilmu Sosial Dasar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s